Minggu, 03 Juli 2011

Wajib Dilindungi dari Sinar Matahari

Pastikan enam bagian tubuh ini selalu terlindungi dari sengatan matahari.

Perlindungan kulit (doc Corbis)

Anda pasti sudah tahu kalau 'wajib' hukumnya mengenakan krim pelindung kulit yang mengandung sun protection formula (SPF) saat berjemur di pantai. Tetapi, mungkin Anda melewatkan beberapa bagian tubuh yang juga harus dilindungi.

Seperti dilansir dari bettyconfidential.com, dokter Sandra Lee, ahli kulit asal Amerika Serikat, membuat daftar bagian tubuh yang wajib dilindungi dari sinar matahari. Ketahui enam bagian tubuh tersebut, agar Anda terhindar dari kulit terbakar dan mengurangi risiko kanker kulit.

1. Kaki
Sudah mengenakan cat kuku cantik tetapi kaki justru terbakar matahari. Tentu tampilannya jadi kurang cantik. Belum lagi rasa perih yang timbul saat mengenakan sandal dan berjalan. Pastikan, sebelum bermain di pantai kenakan dulu krim pelindung matahari pada kaki, termasuk, sela-sela jari.

2. Telapak tangan
Anda juga harus mengenakan krim SPF pada telapak, bukan hanya punggung tangan. Hal ini untuk mencegah permukaan kulit yang kasar karena sinar sengatan sinar matahari. Keringat di telapak tangan biasanya lebih banyak, jadi pastikan Anda mengaplikasikan krim SPF secara berulang.

3. Telinga
Kulit telinga sangat sensitif dan tipis. Telinga atas juga bagian yang paling sering terkena matahari saat Anda keluar rumah. Anda bisa melindungi kulit telinga dari sengatan matahari dengan mengenakan topi atau mengaplikasikan krim SPF.

4. Leher dan dada
Kesehatan kulit leher dan belahan payudara seringkali diabaikan. Padahal, dua area tubuh tersebut juga harus dilindungi dari sengatan sinar matahari. Jika akan berjemur di pantai, pastikan dua area tersebut sudah dilindungi dengan krim SPF.

5. Bibir

Bibir memiliki tiga hingga lima lapisan, dan wajah hingga 16 lapisan. Jadi, kulit bibir sangat rapuh dan utuh perlindungan ekstra, terutama saat berjemur, termasuk setiap Anda keluar rumah. Kenakan lip balm, lipstik atau lip gloss yang mengandung SPF, bukan hanya agar kulit bibir tetap lembut, tetapi juga sehat.

6. Kulit kepala

Jangan lupakan kesehatan kulit kepala. Anda perlu melindunginya dengan mengenakan topi atau scarf. Itu karena, sinar matahari yang mengenai langsung kulit kepala, bisa memicu nyeri dan akan merasa sangat pusing. Jika tak dilindungi, bukan tidak mungkin kulit kepala Anda terasa perih dan gatal.