Selasa, 19 Juni 2012

Penuhi Energimu dengan Makanan yang Mengandung Karbohidrat


sumberkarbohidrat Makanan yang mengandung karbohidrat ternyata memang dibutuhkan untuk mengisi ulang energi setiap manusia. Banyak sekali makanan yang dapat menjadi sumber karbohidrat dan kebanyakan bahan makanan tersebut mudah didapat di sekitar kita. Banyak orang-orang yang tinggal baik di Indonesia sendiri maupun di negara lain mengkonsumsi karbohidrat untuk memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktifitas-aktifitas mereka. Nah sekarang mari kita bahas kelebihan-kelebihan dalam mengkonsumsi karbohidrat dan efek buruk yang akan kita dapat jika kita kekurangan karbohidrat.

Manfaat Kandungan Dalam Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Manfaat utama dari mengkonsumsi karbohidrat adalah menambah energi yang diperlukan tubuh agar kita memiliki tenaga dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti aktifitas berat yaitu bekerja, olah raga, berlari, belajar, dan bahkan aktifitas ringan seperti berjalan. Karbohidrat biasanya banyak terkandung dalam makanan-makanan pokok yang sehari-hari di makan oleh sebagian besar penduduk di dunia. Makanan yang mengandung karbohidrat tidak lain dan tidak bukan adalah nasi, jagung, sagu, ubi, singkong, kentang, oat, dan pasta. Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Jenis karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang dalam tahap diet. Karena jenis karbohidrat ini mengandung lebih rendah glycaemic index yang menyebabkan orang yang mengkonsumsinya lebih lama merasa kenyang. Hal ini dikarenakan proses penguraian glukosa yang lambat. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks rendah adalah jagung, pasta, singkong rebus, dan oat. Pada level kandungan yang lebih tinggi, kentang panggang dengan kulit, ubi, dan beras merah dapat menjadi pilihan tepat. Sedangkan makanan yang mengandung kandungan karbohidrat kompleks tinggi adalah kentang panggang tanpa kulit dan nasi putih.

Akibat Kekurangan Makanan Sumber Karbohidrat

Karbohidrat memiliki peran-peran penting dalam tubuh kita termasuk menyediakan energi atau tenaga sehingga kita dapat melakukan segala aktifitas dengan semestinya. Beberapa peranan penting dari mengkonsumsi karbohidrat adalah sebagai berikut: karbohidrat sebagai biosfer, bahan bakar, nutrisi, cadangan energi, dan materi pembangun. Jika kekurangan makanan yang mengandung karbohidrat sudah dapat dipastikan kita akan merasa lemas tak bertenaga.
Ringkasan: Makanan yang mengandung karbohidrat ternyata memang dibutuhkan untuk mengisi ulang energi setiap manusia.