Rabu, 20 Juni 2012

Penyebab Limpa Pecah


Limpa pecah adalah suatu kondisi serius yang dapat terjadi jika seseorang mengalami trauma limpa. Tanpa perawatan cepat, limpa pecah dapat menyebabkan perdarahan yang mengakibatkan jiwa terancam. Limpa terletak tepat di bawah tulang rusuk pada sisi kiri. Pukulan ke perut–ketika olahraga, berkelahi atau kecelakaan mobil–dapat mengakibatkan limpa pecah.
Penyebab Limpa PecahGejala
Limpa membantu tubuh melawan infeksi dan menyaring materi, seperti sel-sel darah yang tua atau rusak. Limpa juga memproduksi sel darah merah dan beberapa jenis sel darah putih. Limpa pecah dapat menuangkan sejumlah besar darah ke rongga perut.
Sakit perut dan nyeri merupakan gejala klasik limpa pecah. Jika perdarahan menyebabkan tekanan darah turun, kemungkinan menjadikan penderita pusing atau bingung. Selain itu juga memicu penglihatan kabur atau pingsan.
Perawatan
Perlu diketahui jika ditangani cepat, kecelakaan pada limpa dapat dapat disembuhkan tanpa operasi. Penderita kemungkinan akan tinggal di rumah sakit sampai satu minggu, sementara dokter mengamati kondisi penderita dan memberikan perawatan nonsurgical, seperti transfusi darah. Jika cedera parah, limpa mungkin perlu diperbaiki dengan pembedahan. Pembedahan untuk mengangkat limpa disebut splenektomi.