Selasa, 19 Juni 2012

Makanan Yang Mengandung Asam Folat Untuk Pembentukan Sel-Sel Baru


Makanan yang mengandung asam folat sangat penting untuk dikonsumsi. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pembentukan sel-sel baru. Dalam tubuh kita, asam folat yang sudah dikonsumsi akan disimpan di dalam hati sebagai cadangan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, tubuh orang dewasa memerlukan 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Sedangkan pada wanita yang sedang hamil asupan asam folat yang dibutuhkan sebanyak 800 mikrogram per hari. Jangan pernah anggap sepele, jika tubuh ibu hamil kekurangan asam folat dapat menyebabkan terjadinya cacat bawaan pada bayi seperti cacat tabung syaraf dan otak tidak normal serta sum-sum tulang belakang.

Brokoli dan Alpukat Merupakan Sumber Asam Folat

Beberapa makanan yang mengandung asam folat biasanya ada dalam sayur sayuran dan buah buahan, misalnya brokoli dan Alpukat. Brokili masih tergolong satu family dengan sayur kubisan-kubisan yang sangat berkhasiat bisa mempercepat proses penyembuhan bagi Anda yang baru saja menderita sakit berat. Selain itu, sayur yang masih satu ini juga disinyalir mampu mencegah dan menghambat proses berkembangnya sel kanker yang telah menjadi momok bagi banyak orang.
brokoli merupakan salah satu sumber asam folat
Hingga saat ini, alpukat sebagai salah satu makanan yang mengandung asam folat dipercaya bisa dikonsumsi sebagai penangkal gejala flu. Kandungan vitamin E-nya bisa menetralkan radikal bebas serta menekan risiko infeksi, sedangkan vitamin B-nya bisa membantu produksi antibodi secara alami. Kandungan omega-6 yang merupakan asam lemak esensial yang ada pada buah alpukat, juga sangat bermanfaat untuk meredakan radang. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.







Jeruk Juga Merupakan Makanan Sumber Asam Folat

Buah jeruk juga merupakan sumber asam folat. Selain dikenal sebagai sumber vitamin C, jeruk adalah sumber asam folat yang sangat potensial. Bahkan dari satu jeruk 20% kebutuhan folat satu hari bisa terpenuhi. Tak cukup sampai disitu buah ini juga bisa meningkatkan kadar folat serta kadar racun dalam pembuluh darah menurun. Konsumsi satu atau dua buah jeruk setiap hari sebagai salah satu makanan yang mengandung asam folat.
Kesimpulan: Makanan yang mengandung asam folat seperi brokoli, alpukat, dan jeruk sangat penting untuk dikonsumsi untuk pembentukan sel-sel baru pada tubuh kita.