Rabu, 20 Juni 2012

Menjaga Kalsium Dalam Darah Agat Normal untuk Mencegah Keropos


Menjaga Kalsium Dalam Darah Agat Normal untuk Mencegah Keropos 
Pengeluaran kalsium di dalam tubuh akan semakin besar pada orang dewasa sementara tubuh sudah tidak bisa menimbun kalsium lagi. Karenanya jagalah kadar kalsium di dalam darah agar tetap normal untuk mencegah keropos. 
Saat menopause jumlah kalsium di dalam darah harus tinggi, hal ini penting untuk menjaga jumlah kalsium di dalam darah tetap berada dalam batas normal. Karena kalsium akan terus dikeluarkan, sedangkan tubuh sudah tidak bisa menimbunnya lagi. 
Karena kalau kalsium dalam darahnya rendah ia akan mengambil kalsium dari sumber lain seperti dari tulang jadi cepat keropos. kalsium di dalam tulang akan mulai dikeluarkan sehingga deposit kalsium yang sudah ditimbun sejak masih anak-anak hingga remaja mulai berkurang.

Untuk itu seseorang harus menjaga jumlah kalsium di dalam darahnya tetap normal agar tidak mengambil dari sumber lain. Jangan berpikir tulang keropos atau osteoporosis ini hanya terjadi pada perempuan, karena kaum laki-laki juga bisa mengalaminya terutama setelah mengalami penuaan atau andropause yang mana sistem hormonnya sudah menurun.
Kalsium yang dikonsumsi misalnya berasal dari susu akan diserap dan masuk ke dalam darah. Sedangkan jika kalsium yang masuk ingin ditransfer ke dalam tulang memerlukan bantuan senyawa osteorotegerin. Senyawa ini akan mentransfer kalsium masuk ke dalam tulang sehingga terbentuklah matriks (inti) yang membuat tulang menjadi kuat.