Minggu, 25 Maret 2012

Agar Rambut 'Sambungan' Terurai Alami

Selain memanjangkan rambut, ekstensi juga bermanfaat menambah volume rambut lebih tebal.


Rambut panjang instan (dok. Corbis)
 
 Memanjangkan rambut secara instan atau lebih populer di sebut dengan teknik 'ekstensi' sedang digandrungi banyak wanita masa kini. Terutama, mereka yang tak sabar menunggu rambutnya panjang alami.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari ekstensi rambut. Selain rambut panjang, prosedur ekstensi juga membantu meningkatkan volume rambut, serta menutupi potongan rambut yang tidak Anda sukai untuk sementara.

Ekstensi bisa dilakukan dengan menyambung rambut asli dengan serat sintetis atau potongan rambut asli orang lain. Butuh kemampuan ahli dan biaya mahal untuk melakukannya. Setelah melakukan teknik itu, pemilik rambut pun harus melakukan perawatan khusus agar kualitas terjaga.

Berikut tips perawatan khusus untuk rambut ekstensi, seperti dikutip dari laman Times of India:
Maksimal dua kali panjang rambutItu karena dapat memicu timbulnya kotoran dan keringat lebih banyak pada rambut. Jika ekstensi terbuat dari rambut manusia, cuci setidaknya dua kali seminggu untuk mencegah rambut terlihat berminyak. Sementara ekstensi sintetis bisa dicuci seminggu sekali.
Hindari kusut di simpul-simpul rambutGunakan jari untuk meluruskan rambut kusut dan bersimpul. Atau gunakan sisir bergigi lebar untuk melembutkan dan meluruskannya sebelum keramas. Jangan menarik rambut terlampau keras, karena rambut rentan rapuh.
Cuci dengan sampo lembutJangan menumpuk semua rambut di atas kepala saat berkeramas. Juga jangan menuang air langsung ke kepala karena akan memberi tekanan air secara langsung dan menyebabkan rambut kusut.

Karena itu, basahi rambut sedikit demi sedikit untuk mencegah kekusutan. Cuci rambut perlahan dengan gerakan ke bawah mulai dari akar menuju ujung rambut.

Oleskan sampo, dan pijat rambut, lalu bilas sampai bersih untuk menghindari penumpukan sisa-sisa bahan kimia sampo. Gunakan kondisioner, untuk melembabkan dan melembutkan serta menjaga kilaunya. Sebaiknya, gunakan kondisioner bebas alkohol untuk menghindari rambut kering.

Mengeringkan rambutKeringkan rambut dengan handuk kering. Peras air yang masih menetap di rambut. Jangan menggosok rambut terlalu keras  saat pengeringan. Biarkan rambut ekstensi mengering secara menyeluruh. Jangan sisir rambut saat kondisi masih basah karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Jangan tidur dengan rambut basahPastikan benar-benar kering dan ikat rambut dengan model ekor kuda longgar untukmenghindari kusut saat bangun tidur.

Lindungi rambut saat berenangJika Anda gemar berenang, gunakan topi renang untuk menutupi rambut agar tak mudah kusut. Jangan pernah mengekspos rambut ekstensi dalam air yang berklorin, karena bisa merusaknya.

Gunakan pelembab sesering mungkinBeri pelembab pada rambut sesering mungkin. Bisa menggunakan minyak esensial untuk melembabkan agar terlihat lebih alami.