Rabu, 17 April 2013

Obat Asam Urat Herbal Yang Direkomendasikan



Ilustrasi
Ilustrasi
Asam urat sering terjadi pada orang yang sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Asam urat itu sendiri sebenarnya tidak berbahaya dan sudah ada di dalam tubuh, tapi bila jumlah nya sudah terlalu banyak dan tidak bisa dikeluarkan secara normal melalui proses sekresi, inilah yang membuat seseorang menjadi sakit dan tidak nyaman.
Selain makanan, pola hidup yang tidak sehat juga bisa membuat asam urat dalam tubuh semakin meningkat, dan penyakit ini biasanya banyak menyerang kaum pria. Untuk mencegahnya kita perlu mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung purin dan juga rajin berolah raga.
Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya penyakit asam urat di dalam tubuh manusia:
  1. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin
  2. Jumlah purin yang berlebihan dalam tubuh berubah menjadi asam urat akibat proses metabolisme dalam tubuh.
  3. Peningkatan kada asam urat dalam tubuh membuat ginjal manusia tidak mampu membuang kelebihan asam urat.
  4. Kristal asam urat yang berlebihan itu kemudian menumpuk di persendian.
  5. Akibat penumpukan kristal asam urat di persendian akan membuat rasa nyeri, bengkak, dan meradang.
Berikut ini adalah bahan makanan yang mengandung zat purin, diantaranya adalah
  1. Makanan Pemicu asam urat : susu, telur, jagung, ragi bir dan ragi roti, gandum, sayuran seperti tomat, terong, paprika dan kentang.
  2. Produk daging, terutama jeroan, seperti otak, ginjal dan hati yang tinggi purin.
  3. Ikan dan kerang : termasuk makarel, sarden, kerang, kepiting dan udang. Salmon tampaknya menjadi pengecualian, karena kemungkinan disebabkan oleh tingginya omega-3 asam lemak yang dikandungnya.
  4. kacang kacagan
Beberapa gejala yang di alami oleh penderita asam urat antara lain adalah:
Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
Biasanya pada persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.Terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali. Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku. Pada kejadian kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.
Penyakit Asam urat jika di biarkan terlalu lama, maka akan menimbulkan efek yang justru memperparah keadaan dan untuk mencegah terjadinya asam urat, yaitu dengan olah raga yang teratur,kurangi makan-makan yang mengandung purin dan lemak, perbanyak makan-makanan yang mengandung vitamin C dan Atur pola makan dan pola hidup serta hindari alkohol dan rokok. Untuk yang lebih maksimalnya lagi kami rekomendasikan suatu terobosan baru dalam mengobati pernyakit Asam Urat dengan obat asam urat herbal.
Obat Asam Urat Sidaguri (Sida rhombifolia).
Dikenal dengan nama daerah guri, siliguri, kahindu, sadagori, otok-otok atau bitumu. Kandungan kimia yang sudah diketahui adalah alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Akarnya mengandung alkaloid, steroid dan aphredine. Sidaguri memiliki rasa manis, sedikit panas dan sejuk. Dalam pengobatan, sidaguri digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah akarnya.
Obat Asam Urat Sambiloto (Adrographis panniculata).
Aslinya merupakan tanaman dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.
Obat Asam Urat Kumis kucing (Orthosiphon aristatus).
Juga telah lama dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.
Obat Asam Urat Daun Salam (Eugenia polyanta).
Dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.