Kamis, 14 Februari 2013

Kurangi Asupan Kalori dengan Minum Air Putih

Kurangi Asupan Kalori dengan Minum Air Putih


Minum satu atau dua gelas air putih sebelum makan, bisa membantu Anda mengurangi berat badan. Hal itu terungkap setelah para ilmuwan dari Virginia Tech in Blacksburg mengadakan penelitian terhadap sejumlah pelaku diet.

Dari hasil penelitian diketahui, minum air putih sebelum makan adalah cara terbaik untuk menahan nafsu makan dan mengurangi beberapa pon dari berat semula.

"Kami meneliti responden selama 12 minggu. Dalam penelitian tersebut, responden yang minum air sebelum makan, tiga kali sehari, menurunkan berat badan lima pon lebih banyak dibandingkan responden yang tidak meningkatkan konsumsi air putih mereka," jelas Brenda Davy, salah satu tim peneliti, seperti dikutip dari Times of India.

Kenapa cara ini efektif menurunkan berat badan? Alasannya cukup sederhana, air merupakan zat atau substansi dengan nol kalori yang membuat perut terasa penuh. Minum banyak air, mengenyangkan perut lebih cepat dan membuat Anda mengurangi asupan makanan berkalori tinggi.

Selain untuk diet, memenuhi kecukupan cairan tubuh per hari juga penting untuk kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya tidak ada pakem yang menentukan, berapa banyak air yang harus diminum dalam sehari. Namun para ahli merekomendasikan kepada wanita untuk mengonsumsi sedikitnya sembilan cangkir air.

Cairan yang Anda minum tidak harus selalu air putih. Bisa dikombinasikan dengan jus, teh atau minuman lainnya. Hanya kurangi konsumsi minuman yang terlalu banyak gula dan kalori. Seperti soda, latte, cappuccino dengan whipped cream atau sari buah dalam kemasan.