Senin, 03 September 2012

Cara Sehat Menahan Lapar


cara-sehat-menahan-lapar
Mungkin artikel ini pas bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Tapi sebelumnya Anda harus tahu bahwa sangat tidak dianjurkan untuk menjadi lapar ketika kita sedang berdiet. Diet sehat yang benar tidak membuat kita menjadi kelaparan.
Sebenarnya ada beberapa makanan yang mempunyai efek mengenyangkan, makanan jenis ini sangat mungkin untuk mensiasati dilema tersebut.
Berikut ini beberapa makanan sehat yang bisa menahan rasa lapar :

Sayuran Hijau

Sayuran merupakan makanan rendah kalori, sayuran seperti brokoli, bayam, asparagus memiliki efek termal dalam tubuh. Sayuran ini tidak disimpan sebagai lemak karena kalorinya telah habis digunakan dalam proses pencernaan. Sayuran hijau juga mengandung kadar serat tinggi. Serat ini berfungsi sebagai anti oksidan, vitamin, mineral dalam jumlah yang minim. Sayuran hijau sangat cocok dijadikan menu untuk diet.

Apel

Apel dapat menurunkan nafsu makan secara alami. Apel adalah makanan sehat yang sangat umum dikonsumsi mereka yang sedang diet. Kandungan serat pada apel akan menjaga Anda tetap kenyang untuk waktu yang lama.

Kacang-kacangan

Protein yang terkandung dalam kacang-kacangan memiliki index kenyang tertinggi dibanding makanan lainnya. Kacang merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Selain itu, kacang juga mengandung serat yang tinggi. Tubuh kita memerlukan waktu lama untuk mencerna kacang, oleh karena itu Anda menjadi merasa kenyang lebih lama juga.

Susu Rendah Lemak

Produk olahan susu rendah lemak seperti yogurt dan keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Jika kita tidak mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup maka tubuh akan melepaskan senyawa calcitrol, yaitu suatu hormon yang akan memicu terjadinya penyimpanan lemak.

Ikan

Ikan kaya akan protein hewani. Jenis ikan seperti tuna, salmon, mackarel, hering mengandung asam lemak omega-3 , asam lemak inilah yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan akan mempercepat metabolisme. Perhatikan juga cara mengolah ikan agar makanan sehat ini lebih berkualitas. Mengolah ikan dengan cara dipanggang atau dikukus lebih baik daripada digoreng atau dibakar.