Kamis, 17 September 2015

Ibu Hamil, Waspadai Penyebaran Toksoplasma

Ia adalah parasit yang mengancam kesehatan janin.
Ibu Hamil, Waspadai Penyebaran ToksoplasmaIlustrasi wanita hamil. (iStock)
Toksoplasma gondii, merupakan parasit yang dianggap bertanggung jawab sebagai penyebab penyakit toksoplasmosis. Pada umumnya, ancaman penyakit ini dapat ditangkis apabila tubuh memiliki sistem imunitas yang baik.
Namun, berbeda halnya pada ibu hamil.Hal ini dinyatakan dr. Nina Amelia Gunawan dari Meetdoctor, yang mengatakan bahwa ibu hamil akan lebih rentan terhadap serangan parasit. "Selama kehamilan, imunitas tubuh relatif menurun sehingga infeksi parasit tersebut dapat berdampak buruk, tidak hanya bagi sang ibu tetapi juga pada janin yang dikandung," ujarnya. 

Beberapa komplikasi gangguan kehamilan tersebut, antara lain keguguran dan cacat bawaan pada janin, seperti: kebutaan, gangguan pendengaran, gangguan perkembangan kepala (hidosefalus), anensefal (tidak memiliki kepala), gangguan saraf, dan otak yang memengaruhi perkembangan motorik dan kecerdasan buah hati nantinya, serta gangguan limpa dan hati.

Penyebaran parasit tersebut bisa disebabkan beberapa pemicu, seperti salah satunya kontak dengan binatang, yakni kucing. "Namun, penyebarannya juga bisa disebabkan konsumsi daging mentah yang kurang bersih, hingga transfusi darah," ungkapnya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan mencuci tangan dan menjaga higienitas makanan yang Anda konsumsi.