Jumat, 17 Agustus 2012

10 Cara Pertajam Ingatan

Kodekteran mengatakan, bertambahnya umur manusia menuju penuaan diikuti pula oleh penurunan kekuatan dan vitalitas tubuh akan tetapi tidak dengan otak manusia. Otak manusia tidak seperti organ lain ditubuh, kita dapat mempertahankan kekuatan otak kita meskipun kita semakin menua. Berikut 10 tips bagaimana mempertajam ingatanmu.

1. Lakukan Sesuatu

Melakukan sesuatu disini adalah olahraga teratur. Para ilmuan meyakini, dengan melakukan gerakan aerobik setiap hari akan mempertahankan kesehatan otak anda dalam jangka panjang. Seperti ketika melakukan lari cepat / sprint, otot paru-paru dan jantung akan bekerja sangat keras, begitupun otak anda akan lebih bugar setiap adanya hentakan kaki yang anda lakukan.

2. Makan

Terlalu banyak ataupun terlalu sedikit energi yang terserap oleh otak sangatlah tidak baik. Makanan dengan  berserat tinggi serta protein dan lemak sedang dapat mempertahankan kecepatan pencernaan dalam usus sehingga energi yang terserap keotak lebih stabil, hal ini diyakini akan mepertahankan ketajaman otak dalam jangka panjang.

3. Perhatikan Dietmu

Jika anda sedang melakukan diet, anda perlu sangat memperhatikan asupan energi yang diterima tubuh dan otak. Terlalu sedikit Kalori yang diserap otak diyakini dapat mempengaruhi kerja otak anda dalam jangka panjang. Diet yang terlalu berlebihan juga menyebabkan gangguan ingatan seperti kebingungan dan hal lainnya.

4. Jaga Baik Tubuhmu

Sebagian besar penyakit dalam tubuh dapat dicegah, seperti obesitas, hipertensi dan diabetes. Penyakit-penyakit tersebut disinyalir dapat mempengaruhi kinerja otak anda ditandai dengan penurunan kognitif dan gangguan ingatan. Jaga kesehatann peredaran darah anda. Hindari rokok dan asapnya, kurangi makanan berlemak jenuh dan perbanyak makan buah-buahan dapat menghindarkan kita dari kerusakan otak dimasa tua.

5. Istirahat yang Cukup

Ketika anda tidur dan bermimpi, otak sebenarnya sedang bekerja untuk menyaring ingatan. Jika anda tidak tidur, satu hari saja, otak anda akan terlalu banyak menyerap protein ke sinapse otak dan berakibat menurunnya daya ingat otak untuk mempelajari hal baru. Penyakit susah tidur yang kronis dapat mempengaruhi kinerja kognitif otak anda pada masa tua.

6. Minumlah Kopi

Bukti yang terus berkembang mengatakan bahwa, kebiasaan mengkonsumsi cafein dapat menjaga otak anda. Seperti yang dilansir oleh livescience.com terlihat pada riset panjang yang dilakukan oleh sebuah penelitian, 2 sampai 4 gelas kopi dalam sehari mengurangi 30 sampai 60 persen kesempatan terkena penyakit alzheimer. Tidak diketahui secara pasti apakah kafein atau antioksidan pada kopi dan juga pada teh yang menjadi penyebabnya yang jelas, latte pada kopi dapat meningkatkan kinerja kognitif otak anda sekarang dan nanti.

7. Konsumsi Ikan

Asam lemak esensial seperti omega 3 sangat penting bagi kesehatan otak anda. Omega 3 juga sangat bermanfaat mengatasi depresi sehingga sangat baik diberikan pada setiap umur.

8. Bersantai

Stress adalah jalan tol atas bahan kimia berbahaya di otak manusia dalam mengakses hippocampus dan daerah lain yang terlibat dalam ingatan otak. Sering melakukan yoga dan rileksasi dapat menghilangkan stress dan menunda gangguan ingatan.

9. Hindari Suplemen

Suplemen penambah daya ingat dan kerja otak ternyata berpengaruh buruk pada otak dalam jangka panjang. Gingko dan melatonin biarpun alami suplemen-suplemen tersebut disinyalir mempunyai efek samping juga seperti tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, kesuburan, dan depresi. Jadi hindari mengkonsumsi suplemen untuk otak dan biarkan otak anda sehat dengan gaya hidup anda yang teratur.

10. Rangsang Otak Anda

Teka-teki silang, sudoku merupakan permainan mengasah otak anda. Semakin anda susah belajar berarti semakin berkurangnya daya kognitif otak anda karena penuaan, maka dari itu rangsang terus otak anda salah satunya adalah dengan permainan mengasah otak seperti diatas. Kuncinya terus lakukan sesuatu yang baru sehingga otak anda tidak berhenti bekerja.