Rabu, 01 Desember 2010

Foto - foto Hitler Yang Tak Pernah Dirilis

Sejumlah foto-foto mantan diktator Adolf Hitler, yang tak pernah dipublikasikan, akan dilelang. Foto tersebut kemungkinan bisa meraup jutaan poundsterling.

Ratusan foto tersebut dan klise negatifnya diambil oleh fotografer pribadi die fuhrer, Heinrich Hoffman, saat partai Nazi hampir berkuasa di Jerman sebelum Perang Dunia II. Foto-foto yang diyakini berasal dari sang fotografer sendiri itu akan dilelang pada Januari mendatang.

“Kami mendapatkan sekitar 800 negatif dan 600 foto. Beberapa ada dari negatif itu dan lainnya tak tahu dari negatif yang mana,” ujar pelelang dari JP Humbert Auctioneers, Jonathan Humbert. Ia memastikan foto-foto ini memang belum pernah terlihat.

Rata-rata foto tersebut bersetting sebelum Perang Dunia II. Salah satunya menunjukkan mantan Presiden Jerman Paul von Hindenburg yang menjabat dari 1925 hingga kematiannya pada 1934. Hitler mengambil alih posisinya sebagai kepala negara.

Ada foto pertemuan dengan Mussolini di Munich. Kemudian Olimpiade musim dingin dan musim panas 1936. Juga ada foto sinis Hitler saat menghadiri sekolah pelatihan staf SS. “Ini merupakan bagian dari propaganda Nazi dan menunjukkan kekuatan partai tersebut,” lanjut Humbert.

Ia juga mengagumi betapa foto itu sangat bagus karena resolusinya tinggi meski dalam hitam-putih. Humbert merasa, ini adalah cara yang bagus untuk memperlihatkan Hitler yang belum pernah dipublikasikan dan terlihat.